Thursday, March 27, 2014

Kampung Inggris di Pare Kediri Jatim Sejarah dan Awal Mulanya

Awal mula dari ceritanya sebuah perkampungan kecil di Pare Kediri ini bisa menjadi sebuah pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di seluruh Indonesia ini berawal mula dari didirikannya sebuah lembaga kursus bahasa inggris yang bernama BEC (Basic English Course) oleh seorang pendatang penduduk desa singgahan pare kediri yang bernama Pak Kallen (Mr Kallen). Walaupun namanya seperti nama orang bule inggris namun dia adalah orang Indonesia asli.

Pada saat awal berdirinya BEC fasilitas yang sudah dimiliki masih amat sangat terbatas, karena tempat belajar hanya berlokasi di teras sebuah masjid di desa singgahan yang diperuntukkan bagi anak-anak didesa singgahan dan tulungrejo pare yang kurang menguasai dalam berbahasa inggris. Kemudian di rumah-rumah yang membolehkannya mengajar, hingga akhirnya sampai memiliki sebuah gedung sendiri untuk mengajar. begitulah perjuangan panjang Pak Kallen yang tetap konsisten dan pantang menyerah sehingga menjadikan BEC begitu terkenal dan lulusannya telah diakui kualitas bahasa inggrisnya. Hal itulah yang telah mengundang banyak pendatang ke kampung inggris desa pare kediri dari seluruh nusantara untuk belajar bahasa Inggris di kampung inggris. Bahkan sampai-sampai tidak ada tempat lagi untuk menampung para calon siswa baru BEC tersebut.

Kemudian dari sinilah mulai berkembang pesat beberapa lembaga kursus bahasa inggris baru untuk memenuhi permintaan siswa baru yang semakin meningkat setiap tahunnya. Banyak lulusan dari BEC yang tetap mengajar disana dan beberapa yang lain banyak juga yang mendirikan lembaga kursus bahasa inggris sendiri. Lembaga kursus bahasa inggris yang didirikan disanapun semakin bervariasi mulai dari segi waktu belajar, spesialisasi program belajar, metode belajar serta biaya yang harus dikeluarkan.

Namun tidak semua lulusan dari BEC memilih untuk mengajar atau mendirikan kursusan bahasa inggris sendiri. Mereka ada juga yang membuka warung makanan, berjualan bakso, berdagang soto, membuka toko alat tulis dan tempat fotokopi dan lain sebagainya. Dan mereka semua bisa fasih berbahasa Inggris. Mungkin itulah asal cerita atau awal mula istilah bahwa "di kampung inggris pare bahkan tukang bakso sampai tukang soto pun bisa berbahasa Inggris".

Kurang lebihnya itulah gambaran sederhana serta sejarah awal mula tentang kampung Inggris pare kediri. Jika anda masih merasa penasaran dengan informasi-informasi tentang Kampung Inggris pare bisa ditanyakan langsung ke salah satu English Camp Area di kampung inggris yang bernama Venus Original Camp atau VOC English Course dengan alamat:

Jl.Brawijaya 72 Tulungrejo Pare Kediri Jatim

Nomor Telephone:

  • 0821 4151 4145
  • 0813 3503 3940
  • 0857 4995 1467
  • 0354-391477
  • 0354-391370

 

Sumber: Sejarah Awal Mula Disebut Sebagai Kampung Inggris di Pare Kediri Jatim